5 Pertimbangan Kritis SEO (Search Engine Optimizer ) atau Pengoptimalan Mesin Telusur Saat Mengoptimalkan Situs Web Berita
Beberapa aturan SEO, seperti mempublikasikan konten dan memberikan contoh yang baik adalah hal yang umum. Tetapi tidak semua situs web berkembang menggunakan pedoman SEO yang sama persis. Situs-situs berita, lebih menekankan pada elemen-elemen tertentu disbanding situs lain. Berikut ini lima step yang harus anda ingat dan lakukan untuk mengoptimalkan situs berita Anda.
1. Buat Konten yang paling aktual
Untuk situs berita dalam hal bisnis Anda harus menulis subjek yang tepat waktu. Sembilan puluh sembilan persen ketika Anda menulis subjek yang tepat waktu, artikel Anda pasti akan memiliki masa/umur pendek. Anda akan melihat lonjakan pengunjung ke artikel Anda, dan seiring berjalanya waktu artikel anda akan mulai menerima lebih sedikit pengunjung. Ini adalah hal biasa dalam hal berita. Karena itu, Anda harus mengikuti pasang surut pengunjung dan arus dari berita yang ada, agar anda dapat menerima pengunjung yang tinggi secara konsisten. Anda harus tetap menghasilkan lebih banyak berita. Tetapi bagaimana jika Anda dapat menjaga agar model berita inti tetap utuh, dan menambahkan yang lebih konsisten ke situs web? Anda bisa membangun konten yang ramah lingkungan. Evergreen/ramah lingkungan mengacu pada konten yang tetap relevan dan berguna dalam jangka waktu yang lama. Salah satu contoh situs baru yang telah melak ukan ini dengan baik adalah Investing.com:
Dengan Laporan Laman Organik Teratas Ahrefs, Anda dapat melihat bahwa 10 laman teratasnya semuanya berada di bagian atas Laman Hub Kategori yang merupakan konten ramah lngkungan. Kemudian mereka mengarahkan berita mereka di bawah bagian-bagian hub tersebut sehingga menciptakan konten yang kuat dan relevan.
Sementara mereka mendapatkan pengunjung yang layak pada artikel berita yang sebenarnya, mereka mampu membangun peluang dalam konten evergreen untuk memberi mereka pengunjung yang lebih konsisten.
2. Pastikan Konten Anda Ditampilkan di Google Berita
Tampilan konten Anda dalam Google News adalah suatu keharusan.
Mulai dengan memeriksa pedoman konten untuk memastikan bahwa situs Anda sesuai dengan standar Google. Sebagian besar sumber berita ternama sudah mengikuti panduan ini. Selanjutnya, periksa pedoman teknis untuk penyertaan untuk memastikan Google dapat menjelajahi situs Anda dan memahami artikel berita halaman Anda yang mana. Setelah semuanya terlihat baik, kirimkan situs Anda untuk persetujuan Google. Anda akan dapat melihat apakah situs Anda telah diterima secara khusus dalam waktu tiga minggu.
Setelah situs Anda diterima, teruslah bekerja untuk menghasilkan konten yang kuat.
Google Berita beroperasi pada banyak prinsip dasar SEO yang sama dengan pencarian organik.
Kepercayaan industri, pengoptimalan kata kunci, keunikan, dan pembagian sosial semuanya akan membantu Anda mendapatkan peringkat yang lebih baik dan mendapatkan lebih banyak kunjungan dari Google Berita.
3. Berkonsentrasilah pada Arsitektur Bersih
Situs berita merupakan sebuah tantangan SEO karena biasanya dapat berkembang besar dan terus berkembang. Ini berarti bahwa tetap di atas rancangan arsitektur situs Anda merupakan hal penting, baik dalam hal penjagaan situs Anda dinavigasi untuk pembaca dan mudah dikunjumgi mesin telusur. Organisasi adalah hal yang terpenting. Lihatlah tag dan kategori yang Anda gunakan di situs Anda, dan tanyakan pada diri Anda apakah mereka bekerja untuk Anda.
Ingin memiliki cukup tag dan kategori agar pembaca mudah menemukan apa yang mereka cari, tetapi apakah itu bernilai? Jika Anda memiliki beberapa tag yang hanya memiliki beberapa artikel, Anda dapat mempertimbangkan untuk mengkonsolidasikan hal-hal sehingga setiap halaman memiliki banyak konten di dalamnya.
Aspek penting lain dari struktur situs adalah kedalaman. Dengan kata lain, berapa banyak klik yang dibutuhkan untuk mendapatkan dari beranda Anda ke halaman lain di situs Anda? Sangat ideal untuk menjaga agar angka ini serendah mungkin.
Mesin telusur merayapi situs Anda dengan mengikuti tautan dari satu laman ke laman berikutnya, dan situs yang "lebih dangkal", semakin besar kemungkinan bahwa setiap laman akan diindeks. Menjaga sistem penandaan Anda terorganisir akan membantu dengan ini.
Hal lain yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan struktur situs Anda adalah menambahkan pagination ke bagian bawah setiap halaman, bukan hanya menggunakan tombol "next" dan "previous". Ini membuatnya lebih mudah untuk melompat ke halaman tertentu tanpa mengarungi halaman lain yang tidak relevan terlebih dahulu.
4. Bersahabat dengan Pengguna HP merupakan hal yang penting
Kegunaan Hp merupakan hal penting untuk situs web apa pun saat ini, untuk situs berita. Mayoritas orang Amerika mengakses berita mereka di ponsel. Paling tidak, situs Anda harus dibangun menggunakan desain responsif, yang sesuai dengan format Anda ke ukuran layar apa pun yang digunakan pembaca. Anda mungkin juga ingin mempertimbangkan untuk mengadopsi Accelerated Mobile Pages (AMP), sejenis teknologi penerbitan yang menghapus pemformatan dan membuat halaman dimuat dengan sangat cepat bagi pengguna ponsel.
5. Optimalkan Kecepatan Penjelajahan
Ketika berkunjung ke media berita, Anda ingin halaman Anda dijelajahi dan diindeks dengan cepat oleh Google. Untungnya, ada beberapa faktor SEO yang dapat membantu kecepatan perayapan, termasuk kecepatan situs, kinerja hosting, dan peta situs XML. Anda tidak dapat memperlakukan peta situs berita seperti setiap peta situs lainnya. Google menjabarkan beberapa pedoman penting untuk mereka.
Pertama, Anda hanya perlu menambahkan 1.000 URL atau kurang di peta situs Anda. Tentu saja, Anda dapat menyertakan lebih banyak dengan memecah URL menjadi beberapa peta situs, tetapi pastikan untuk tidak melebihi 50.000 peta situs dalam file indeks peta situs Anda.
Anda juga perlu memperbarui sitemap situs berita Anda secara terus-menerus dengan artikel baru saat artikel tersebut dipublikasikan untuk membuat Google bot tertarik. Tetapi ketika Anda memposting URL artikel baru ini, jangan membuat sitemap berita untuk masing-masing, perbarui sitemap situs Anda yang ada.
Sitemap Anda hanya akan berisi berita dari dua hari terakhir, dan semua artikel akan tetap berada di indeks berita selama rentang 30 hari.
Akhirnya, ketika Anda pergi untuk membuat sitemap Anda, manfaatkan plugin non-Google. Jika Anda menggunakan Google Sitemap Generator, itu akan menyertakan URL yang tidak sesuai dengan artikel berita spesifik Anda.
Frekuensi publikasi di situs Anda juga akan berdampak positif pada kecepatan penjelajahan, dan itu masuk akal. Lagi pula, jika Google bot secara konsisten menemukan konten baru di situs web Anda dengan setiap penjelajahan, itu akan datang ke situs Anda lebih sering.
Postinglah sesering mungkin karena itu merupakan hal penting. Anda juga harus memastikan bahwa konten membawa nilai. Jika Anda memposting secara berlebihan atau mempublikasikan konten yang tidak perlu, Googlebot akan menyia-nyiakan anggaran penjelajahan yang berharga pada halaman-halaman yang kurang berharga, yang berarti konten bagus Anda tetap tidak terlihat.
Sebagai aturan praktis, selalu hindari konten duplikat dan blokir laman yang tidak diinginkan dengan robots.txt / robots meta untuk memastikan kecepatan penjelajahan yang optimal.
1. Buat Konten yang paling aktual
Untuk situs berita dalam hal bisnis Anda harus menulis subjek yang tepat waktu. Sembilan puluh sembilan persen ketika Anda menulis subjek yang tepat waktu, artikel Anda pasti akan memiliki masa/umur pendek. Anda akan melihat lonjakan pengunjung ke artikel Anda, dan seiring berjalanya waktu artikel anda akan mulai menerima lebih sedikit pengunjung. Ini adalah hal biasa dalam hal berita. Karena itu, Anda harus mengikuti pasang surut pengunjung dan arus dari berita yang ada, agar anda dapat menerima pengunjung yang tinggi secara konsisten. Anda harus tetap menghasilkan lebih banyak berita. Tetapi bagaimana jika Anda dapat menjaga agar model berita inti tetap utuh, dan menambahkan yang lebih konsisten ke situs web? Anda bisa membangun konten yang ramah lingkungan. Evergreen/ramah lingkungan mengacu pada konten yang tetap relevan dan berguna dalam jangka waktu yang lama. Salah satu contoh situs baru yang telah melak ukan ini dengan baik adalah Investing.com:
Dengan Laporan Laman Organik Teratas Ahrefs, Anda dapat melihat bahwa 10 laman teratasnya semuanya berada di bagian atas Laman Hub Kategori yang merupakan konten ramah lngkungan. Kemudian mereka mengarahkan berita mereka di bawah bagian-bagian hub tersebut sehingga menciptakan konten yang kuat dan relevan.
Sementara mereka mendapatkan pengunjung yang layak pada artikel berita yang sebenarnya, mereka mampu membangun peluang dalam konten evergreen untuk memberi mereka pengunjung yang lebih konsisten.
2. Pastikan Konten Anda Ditampilkan di Google Berita
Tampilan konten Anda dalam Google News adalah suatu keharusan.
Mulai dengan memeriksa pedoman konten untuk memastikan bahwa situs Anda sesuai dengan standar Google. Sebagian besar sumber berita ternama sudah mengikuti panduan ini. Selanjutnya, periksa pedoman teknis untuk penyertaan untuk memastikan Google dapat menjelajahi situs Anda dan memahami artikel berita halaman Anda yang mana. Setelah semuanya terlihat baik, kirimkan situs Anda untuk persetujuan Google. Anda akan dapat melihat apakah situs Anda telah diterima secara khusus dalam waktu tiga minggu.
Setelah situs Anda diterima, teruslah bekerja untuk menghasilkan konten yang kuat.
Google Berita beroperasi pada banyak prinsip dasar SEO yang sama dengan pencarian organik.
Kepercayaan industri, pengoptimalan kata kunci, keunikan, dan pembagian sosial semuanya akan membantu Anda mendapatkan peringkat yang lebih baik dan mendapatkan lebih banyak kunjungan dari Google Berita.
3. Berkonsentrasilah pada Arsitektur Bersih
Situs berita merupakan sebuah tantangan SEO karena biasanya dapat berkembang besar dan terus berkembang. Ini berarti bahwa tetap di atas rancangan arsitektur situs Anda merupakan hal penting, baik dalam hal penjagaan situs Anda dinavigasi untuk pembaca dan mudah dikunjumgi mesin telusur. Organisasi adalah hal yang terpenting. Lihatlah tag dan kategori yang Anda gunakan di situs Anda, dan tanyakan pada diri Anda apakah mereka bekerja untuk Anda.
Ingin memiliki cukup tag dan kategori agar pembaca mudah menemukan apa yang mereka cari, tetapi apakah itu bernilai? Jika Anda memiliki beberapa tag yang hanya memiliki beberapa artikel, Anda dapat mempertimbangkan untuk mengkonsolidasikan hal-hal sehingga setiap halaman memiliki banyak konten di dalamnya.
Aspek penting lain dari struktur situs adalah kedalaman. Dengan kata lain, berapa banyak klik yang dibutuhkan untuk mendapatkan dari beranda Anda ke halaman lain di situs Anda? Sangat ideal untuk menjaga agar angka ini serendah mungkin.
Mesin telusur merayapi situs Anda dengan mengikuti tautan dari satu laman ke laman berikutnya, dan situs yang "lebih dangkal", semakin besar kemungkinan bahwa setiap laman akan diindeks. Menjaga sistem penandaan Anda terorganisir akan membantu dengan ini.
Hal lain yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan struktur situs Anda adalah menambahkan pagination ke bagian bawah setiap halaman, bukan hanya menggunakan tombol "next" dan "previous". Ini membuatnya lebih mudah untuk melompat ke halaman tertentu tanpa mengarungi halaman lain yang tidak relevan terlebih dahulu.
4. Bersahabat dengan Pengguna HP merupakan hal yang penting
Kegunaan Hp merupakan hal penting untuk situs web apa pun saat ini, untuk situs berita. Mayoritas orang Amerika mengakses berita mereka di ponsel. Paling tidak, situs Anda harus dibangun menggunakan desain responsif, yang sesuai dengan format Anda ke ukuran layar apa pun yang digunakan pembaca. Anda mungkin juga ingin mempertimbangkan untuk mengadopsi Accelerated Mobile Pages (AMP), sejenis teknologi penerbitan yang menghapus pemformatan dan membuat halaman dimuat dengan sangat cepat bagi pengguna ponsel.
5. Optimalkan Kecepatan Penjelajahan
Ketika berkunjung ke media berita, Anda ingin halaman Anda dijelajahi dan diindeks dengan cepat oleh Google. Untungnya, ada beberapa faktor SEO yang dapat membantu kecepatan perayapan, termasuk kecepatan situs, kinerja hosting, dan peta situs XML. Anda tidak dapat memperlakukan peta situs berita seperti setiap peta situs lainnya. Google menjabarkan beberapa pedoman penting untuk mereka.
Pertama, Anda hanya perlu menambahkan 1.000 URL atau kurang di peta situs Anda. Tentu saja, Anda dapat menyertakan lebih banyak dengan memecah URL menjadi beberapa peta situs, tetapi pastikan untuk tidak melebihi 50.000 peta situs dalam file indeks peta situs Anda.
Anda juga perlu memperbarui sitemap situs berita Anda secara terus-menerus dengan artikel baru saat artikel tersebut dipublikasikan untuk membuat Google bot tertarik. Tetapi ketika Anda memposting URL artikel baru ini, jangan membuat sitemap berita untuk masing-masing, perbarui sitemap situs Anda yang ada.
Sitemap Anda hanya akan berisi berita dari dua hari terakhir, dan semua artikel akan tetap berada di indeks berita selama rentang 30 hari.
Akhirnya, ketika Anda pergi untuk membuat sitemap Anda, manfaatkan plugin non-Google. Jika Anda menggunakan Google Sitemap Generator, itu akan menyertakan URL yang tidak sesuai dengan artikel berita spesifik Anda.
Frekuensi publikasi di situs Anda juga akan berdampak positif pada kecepatan penjelajahan, dan itu masuk akal. Lagi pula, jika Google bot secara konsisten menemukan konten baru di situs web Anda dengan setiap penjelajahan, itu akan datang ke situs Anda lebih sering.
Postinglah sesering mungkin karena itu merupakan hal penting. Anda juga harus memastikan bahwa konten membawa nilai. Jika Anda memposting secara berlebihan atau mempublikasikan konten yang tidak perlu, Googlebot akan menyia-nyiakan anggaran penjelajahan yang berharga pada halaman-halaman yang kurang berharga, yang berarti konten bagus Anda tetap tidak terlihat.
Sebagai aturan praktis, selalu hindari konten duplikat dan blokir laman yang tidak diinginkan dengan robots.txt / robots meta untuk memastikan kecepatan penjelajahan yang optimal.
Comments
Post a Comment